Pages

Belajar Java KeyPressed Bab4 (NetBeans)

Jumat, 11 April 2014
kali ini saya akan meneruskan bab2  yang sudah pernah sobat dengan perubahan  yang cukup banyak.
Meneruskan aplikasi bab2 ya., bukan bab3. . heheeee J
Masih ada kan file aplikasinya.




















Kita tinggal melanjutkannya saja
Perubahannya pun adalah sebagai berikut:
1.  menggunakan Tombol ENTER sebagai pengganti tombol PROSES, tapi tombol Proses tetap aktif. Kita bisa menggunakan tombol Proses atau dengan menekan tombol enter. Enak kan? J
2.  menambahkan tombol Ulang dan Keluar.
3.  penampil pesan JOptionPane jika ada kolom yang kosong.

>KeyPressed Event pada JTextField
Selain menggunakan tombol, kita juga bisa menggunakan KeyPress Event pada JTextField.
Cara membuat Eventnya adalah aktifkan JTextField, kemudian klik kanan > Events > Key > keyPressed
















Pada bagian atas kode sobat  harus menambahkan kode berikut:
import java.awt.event.KeyEvent;
Letaknya seperti ini sob.












Jika sobat masih bingung letaknya dimana, liat saja nomor yang ada disamping garis merah.
Hehehee gampang kan.
Lanjut.!
Kode yang ingin dijalankan setelah tombol Enter ditekan hendaknya ada di dalam lingkup :
if (evt.getKeyCode()==KeyEvent.VK_ENTER) {
…………………………………………………….
}
Untuk mengecek apakah JTextField masih kosong atau tidak, kita bisa menggunakan perintah:
if (txt1.getText().equals(“”))
atau
if (txt1.getText().isEmpty())
Untuk lebih jelasnya kita praktekkan  saja.
Buka project yang sudah sobat buat pada bab2 tersebut
Kita tinggal meneruskan saja
1. buatlah Design/Bentuk seperti gambar











Jika sudah selesai dengan Designnya sekarang masuk tahap kedua
2. Cara mengaktifkan KeyPressed, klik kanan pada jTextField1/Text Field1 (nama_atas) > Event  > Key > KeyPressed[nama_atasKeyPressed].
Dan masukkan Koding dibawah ini
    private void nama_atasKeyPressed(java.awt.event.KeyEvent evt) {                                     
if (evt.getKeyCode()==KeyEvent.VK_ENTER) {
    if (nama_atas.getText().isEmpty()){
        JOptionPane.showMessageDialog(this, "Nama tidak boleh kosong\nSilahkan isi dulu","Informasi",
                JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
    }else{
 nama_bawah.setText(nama_atas.getText());                     
        }
      }
    }
3. menambahkan koding pada tombol ULANG, double klik saja tombol Ulang lalu masukkan kodingnya.
  private void jButton2ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                         
 nama_atas.setText("");
 nama_bawah.setText("");
 nama_atas.requestFocus();
    } 
Dan ini koding untuk tombol keluarnya.
 private void jButton3ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                         
    System.exit(0);
    }

Keterangan: Fungsi tanda (\n) seperti gambar dibawah ini adalah memberikan garis baru sedangkan kata (Infomasi) memberi nama pada Design tampilan pesannya.
Untuk kata (Nama tidak boleh kosong.  Silahkan isi dulu) sebenarnya  sobat bisa mengganti dengan apa saja yang sobat mau, asal kata yang disebutkan ada didalam lingkup “..........”  termasuk kata (Informasi) tersebut.





.selesai .! J

.semoga bermamfaat sob...

10 komentar:

perhatian!
tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada.
komentar yang mengarah ke tindakan spam
akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter

  1. joptionpane nya diisi apa kak classnya?

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. kau lah penipu memalukan je

      Hapus
    2. hahaha benda la nak gaduh rilek sudah la broo

      Hapus
    3. hek eleh lu aja bocah main ml

      Hapus
    4. lu jangan cakap kencang . dahla negara tak maju

      Hapus
    5. Dont worry EVOS.JessNoLimit akan memajukan negara kami dengan main ml sampai mampus

      Hapus
    6. kami ada airasia.saiyan mari la fight . setakat si botak tu celah gigi je

      Hapus
  3. Terimakasih min, sangat membantu

    BalasHapus