kali ini saya akan meneruskan bab2 yang sudah pernah sobat dengan perubahan yang cukup banyak.
Meneruskan aplikasi bab2 ya., bukan bab3. . heheeee J
Masih ada kan file aplikasinya.
Kita tinggal melanjutkannya saja
Perubahannya pun adalah sebagai berikut:
1. menggunakan Tombol ENTER
sebagai pengganti tombol PROSES, tapi tombol Proses tetap aktif. Kita bisa
menggunakan tombol Proses atau dengan menekan tombol enter. Enak kan? J
2. menambahkan tombol Ulang dan Keluar.
3. penampil pesan JOptionPane jika
ada kolom yang kosong.
>KeyPressed Event pada
JTextField
Selain menggunakan tombol, kita juga bisa menggunakan KeyPress Event pada
JTextField.
Cara membuat Eventnya adalah aktifkan JTextField, kemudian klik kanan
> Events > Key > keyPressed
Pada bagian atas kode sobat harus menambahkan
kode berikut:
import java.awt.event.KeyEvent;
Letaknya seperti ini sob.
Jika sobat masih bingung letaknya dimana, liat saja nomor yang ada
disamping garis merah.
Hehehee gampang kan.
Lanjut.!
Kode yang ingin dijalankan setelah tombol Enter ditekan hendaknya ada di
dalam lingkup :
if (evt.getKeyCode()==KeyEvent.VK_ENTER) {
…………………………………………………….
}
Untuk mengecek apakah JTextField masih kosong atau tidak, kita bisa
menggunakan perintah:
if (txt1.getText().equals(“”))
atau
if (txt1.getText().isEmpty())
Untuk lebih jelasnya kita praktekkan
saja.
Buka project yang sudah sobat buat pada bab2 tersebut
Kita tinggal meneruskan saja
1. buatlah Design/Bentuk seperti gambar
Jika sudah selesai dengan Designnya sekarang masuk tahap kedua
2. Cara mengaktifkan KeyPressed,
klik kanan pada jTextField1/Text Field1 (nama_atas) > Event > Key >
KeyPressed[nama_atasKeyPressed].
Dan masukkan Koding dibawah ini
private void nama_atasKeyPressed(java.awt.event.KeyEvent evt) {
if (evt.getKeyCode()==KeyEvent.VK_ENTER) {
if (nama_atas.getText().isEmpty()){
JOptionPane.showMessageDialog(this, "Nama tidak boleh kosong\nSilahkan isi dulu","Informasi",
JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
}else{
nama_bawah.setText(nama_atas.getText());
}
}
}
3. menambahkan koding pada tombol ULANG, double klik saja tombol Ulang
lalu masukkan kodingnya.
private void jButton2ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
nama_atas.setText("");
nama_bawah.setText("");
nama_atas.requestFocus();
}
Dan ini koding untuk tombol keluarnya.
private void jButton3ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
System.exit(0);
}
Keterangan: Fungsi tanda (\n) seperti gambar dibawah ini adalah
memberikan garis baru sedangkan kata (Infomasi) memberi nama pada Design
tampilan pesannya.
Untuk kata (Nama tidak boleh kosong.
Silahkan isi dulu) sebenarnya sobat bisa mengganti dengan apa saja yang
sobat mau, asal kata yang disebutkan ada didalam lingkup “..........” termasuk kata (Informasi) tersebut.
.selesai .! J
.semoga bermamfaat sob...
joptionpane nya diisi apa kak classnya?
BalasHapuspenipu
BalasHapuskau lah penipu memalukan je
Hapushahaha benda la nak gaduh rilek sudah la broo
Hapushek eleh lu aja bocah main ml
Hapuslu jangan cakap kencang . dahla negara tak maju
HapusDont worry EVOS.JessNoLimit akan memajukan negara kami dengan main ml sampai mampus
Hapuskami ada airasia.saiyan mari la fight . setakat si botak tu celah gigi je
HapusNjir war :v
HapusTerimakasih min, sangat membantu
BalasHapus